slogan leutika prio

Ir. HM. Bargumono, Msi

Ir. HM. Bargumono, MsiE-Mail: bargumonogumono[aT]yahoo.co.id

Lahir di Yogyakarta pada tanggal 12 September 1956. Dari TK, SD, SMP, SMA. Sekolah di Yogyakarta. S-1 Di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. S-2 program study Agronomi Sub Bidang Study Ekologi Tanaman di Institut Pertanian Bogor.




Daftar Buku

Jumlah buku:9

6. 9 UMBI UTAMA Sebagai Pangan Alternatif Nasional
9 UMBI UTAMA  Sebagai Pangan Alternatif NasionalTujuan penulis menerbitkan buku ini adalah berbagi pengalaman dan memberikan wawasan kepada pembaca dan pengambil kebijakan di kalangan pemerintahan bahwa tanaman umbi-umbian sebagai bahan pangan lokal mempunyai nilai ekonomis dan strategis untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Harapan penulis, buku ini dapat bemanfaat kepada para pembaca dan pengambil keputusan di kalangan pemerintahan dalam menentukan kebijakan pangan. Semoga dapat dikembangkan sebagai bahan pangan alternatif untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Tentu saja dalam menyampaikan tulisan dan pendapat yang terdapat dalam buku ini masih banyak kekurangan, kesalahan dan kekurangan, maka apabila berkenan di hati pembaca mohon kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan penulis.

7. 33 Tanaman TOKA
33 Tanaman TOKATujuan penulis menerbitkan buku ini adalah berbagi pengalaman dan memberikan wawasan kepada pembaca bahwa disekitar kita banyak terdapat tanaman TOKA (Tanaman Obat, Kosmetika dan Aromatika) yang sangat bermanfaat bagi kita, baik untuk kesehatan, kecantikan dan sebagai bahan pangan maupun minuman. Karena kemajuan dunia kedokteraan dengan obat kimia mengakibatkan kearifan lokal para leluhur yang sudah berpengalaman ribuan tahun menjadi seolah-olah terkubur. Apalagi ada efek samping obat kimia yang sekarang banyak ditemukan, mengakibatkan kita harus kembali pada ramuan tradisional yang berasal dari herbal di sekitar kita. Harapan penulis, buku ini dapat bemanfaat kepada para pembaca sebagai pengetahuan. Selanjutnya dapat mempraktekkan budidaya tanaman yang disebutkan dalam buku ini. Selain itu para pembaca dapat memanfaatkan dan mengolah produk tanaman untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

8. Agro Klimatologi
Agro KlimatologiKlimatologi berasal dari bahasa Yunani dimana Klima dan Logos . Klima berarti kemiringan (slope) yang diarahkan ke Lintang tempat, sedangkan Logos berarti ilmu. Jadi definisi Klimatologi adalah ilmu yang mencari gambaran dan penjelasan sifat iklim, mengapa iklim di berbagai tempat di bumi berbeda, dan bagaimana kaitan antara iklim dan dengan aktivitas manusia. Karena klimatologi memerlukan interpretasi dari data-data yang banyak sehingga memerlukan statistik dalam pengerjaannya, orang – orang sering menawarkan klimatologi sebagai meteorologi statistik (Tjasyono, 2004).

9. Ekologi Pertanian
Ekologi PertanianBuku ini ditulis untuk melengkapi bacaan mahasiswa dan para pembaca yang ingin memperdalam pengetahuan tentang Ekologi, khususnya ekologi Pertanian yang masih langka beredar di masyarakat. Semoga dengan mengkaji dan memperdalam pengetahuan ekologi pada umumnya dan Ekologi pertanian pada khususnya dari buku ini para pembaca dapat menambah wawasan dan mendapat manfaat dari apa yang telah dipelajari. Harapan penulis semoga apa yang tertulis dan terkandung dalam buku ini dapat diaplikasikan para pembaca dalam praktek dan diamalkan untuk kepentingan masyarakat luas.


Sebelumnnya [1] [2] Selanjutnya
Leutika Leutika