slogan leutika prio

Kupu-kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Penulis: Dr. Sri Nur Aminah Ngatimin, SP, M.Si, Kategori: Modul Ajar
Kupu-kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Zoom
ISBN: 978-602-371-298-4
Terbit: September 2016
Halaman : 50, BW : 48, Warna : 2
Harga: Rp. 65.000,00
Deskripsi:
Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN Babul) adalah surga bagi kupu-kupu yang hidup di Sulawesi Selatan. Keindahan air terjun, hamparan pegunungan karst dan sabuk hijau hutan tropis memberikan nuansa tersendiri bagi para pencinta keindahan alam. Sayangnya, julukan Kingdom of Butterfly yang pernah diberikan oleh Alfred Russell Wallace ratusan tahun yang lalu hanya tinggal kenangan. Alih fungsi hutan dan maraknya perburuan liar menjadi ancaman terbesar kehidupan kupu-kupu. 
 
Tanpa kita sadari kupu-kupu sudah memberikan semua kehidupannya bagi kesejahteraan manusia. Tidak percaya? Salah satu contoh sederhana, kita bisa menikmati buah-buahan lezat karena adanya proses penyerbukan. Kalau mau menghasilkan biji, tanaman harus dibantu oleh serangga supaya terjadi polinasi. Selanjutnya, baju mahal yang terbuat dari kain sutra. Keindahan itu dibayar mahal sekali karena harus memutuskan siklus hidup satu generasi kupu-kupu Bombyx mori demi menciptakan benang yang berkualitas saat dipintal jadi kain. Yang lebih menyeramkan ... kupu-kupu diburu dan diperlakukan semena-mena hanya karena keinginan manusia mendapatkan lembaran rupiah secara cepat. 
 
Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi penting untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat yang ingin belajar tentang kupu-kupu. Dengan bahasa sederhana penulis berusaha memperkenalkan kupu-kupu penghuni TN Babul yang masih bisa dijumpai dalam jumlah yang semakin menurun serta upaya yang telah dilakukan untuk mencegah mereka dari status endangered species. Selamat membaca. 

Download contoh buku: Download

Dilihat: 10062 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • REKAYASA DAN MANAJEMEN LALU LINTAS
  • Statistika Dasar Untuk Ekonomi dan Bisnis
  • Bunga Rampai Perpajakan : Pajak Internasional dan Transfer Pricing
  • Revitalisasi Seni Pertunjukan Dulmuluk
  • Budidaya 25 Buah Tropis Tumbuh di Indonesia



Review

Maghfira Fitra Maulania
Kirim: 16-12-2016 20:16
Kelebihan buku ini adalah dapat memberikan pembaca informasi dan pengetahuan lebih dalam tentang kupu – kupu, apa jenis-jenis kupu-kupu, dan bagaimana cara hidup kupu-kupu, yang sebelumnya tidak pernah di ketahui. Kekurangan buku ini adalah memiliki bahasa yang kurang dipahami seperti bahasa latin, sehingga jika suatu saat ada seorang anak kecil yang membacanya, dia akan kesulitan memahaminya serta juga kualitas gambar yang hitam putih, sehingga pembaca tidak jelas membedakan kupu kupu yang cantik dan indah karena gambar yang hitam putih.

Fitriani T.
Kirim: 16-12-2016 20:12
Kelebihan dari buku ini mampu memberikan sebuah informasi mengenai perkembangan kupu-kupu di TN Bulusaraung, sehingga dapat memberikan nilai-nilai kepada manusia mengenai pentingnya untuk memelihara kupu-kupu yang hampir punah. Kelemahan dari buku ini kurangnya memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya buat kalangan pemula sehingga pesan yang diberikan secara tersirat tidak dapat ditanggap oleh para pembaca, sehingga pesan yang diutarakan penulis tidak disampaikan pada pembaca.

Indah Sari Pertiwi
Kirim: 16-12-2016 20:09
Keunggulan buku : 1) topiknya sangat menarik dan bermanfaat bagi pelajar yang ingin mengetahui lebih banyak tentang kupu-kupu, 2) tata bahasa yang digunakan baik dan mudah dipahami oleh pembaca, dan 3) cara penulisannya jelas, rinci, dan sistematis. Kekurangan buku: sebenarnya isi dari buku ini sudah lengkap dan rinci, namun lebih baiknya lagi jika gambar-gambar yang berada di antara penjelasan materi-materi yang dituliskan itu berwarna, agar lebih menarik pembaca untuk membaca buku tersebut. Selain itu, jika gambarnya berwarna pembaca dapat berimajinasi bagaimana dengan gambar yang ada di buku itu dan supaya pembaca juga tidak bosan.


Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika