slogan leutika prio

Kupu-kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Penulis: Dr. Sri Nur Aminah Ngatimin, SP, M.Si, Kategori: Modul Ajar
Kupu-kupu Penghuni Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung
Zoom
ISBN: 978-602-371-298-4
Terbit: September 2016
Halaman : 50, BW : 48, Warna : 2
Harga: Rp. 65.000,00
Deskripsi:
Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (TN Babul) adalah surga bagi kupu-kupu yang hidup di Sulawesi Selatan. Keindahan air terjun, hamparan pegunungan karst dan sabuk hijau hutan tropis memberikan nuansa tersendiri bagi para pencinta keindahan alam. Sayangnya, julukan Kingdom of Butterfly yang pernah diberikan oleh Alfred Russell Wallace ratusan tahun yang lalu hanya tinggal kenangan. Alih fungsi hutan dan maraknya perburuan liar menjadi ancaman terbesar kehidupan kupu-kupu. 
 
Tanpa kita sadari kupu-kupu sudah memberikan semua kehidupannya bagi kesejahteraan manusia. Tidak percaya? Salah satu contoh sederhana, kita bisa menikmati buah-buahan lezat karena adanya proses penyerbukan. Kalau mau menghasilkan biji, tanaman harus dibantu oleh serangga supaya terjadi polinasi. Selanjutnya, baju mahal yang terbuat dari kain sutra. Keindahan itu dibayar mahal sekali karena harus memutuskan siklus hidup satu generasi kupu-kupu Bombyx mori demi menciptakan benang yang berkualitas saat dipintal jadi kain. Yang lebih menyeramkan ... kupu-kupu diburu dan diperlakukan semena-mena hanya karena keinginan manusia mendapatkan lembaran rupiah secara cepat. 
 
Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi penting untuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat yang ingin belajar tentang kupu-kupu. Dengan bahasa sederhana penulis berusaha memperkenalkan kupu-kupu penghuni TN Babul yang masih bisa dijumpai dalam jumlah yang semakin menurun serta upaya yang telah dilakukan untuk mencegah mereka dari status endangered species. Selamat membaca. 

Download contoh buku: Download

Dilihat: 10061 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Manfaat Tanaman Kelapa Aren Pinang dan Siwalan bagi Kesehatan
  • Administrasi Kepegawaian
  • Strategi Pembelajaran
  • Struktur Molekuler Sel Prokaryote
  • Sebuah Panduan dalam Menyelesaikan Perselisihan PHK



Review

Rahmat Thabrani Ashari Amir
Kirim: 16-12-2016 19:18
Keunggulan : bahasa pengarang dalam buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau dengan kata lain pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang dapat dipahami langsung oleh pembaca.Topik yang diambil di dalam buku ini juga mampu memberikan informasi yang banyak tentang keberadaan kupu-kupu di TN Babul. Kekurangannya adalah buku ini hampir tidak mempunyai kekurangan. Namun setiap karya manusia pasti memiliki kekurangan.Kekurangan buku ini terdapat pada cara penyajian yang banyak terdapat kata-kata ilmiah yang jika dibaca oleh pemula akan sulit memahami informasi yang diberikan pada buku ini.

Yustika Anggraeni Burhan
Kirim: 16-12-2016 19:11
Kelebihan dari buku “Kupu-kupu penghuni taman nasional bantimurung”, yaitu buku ini penulisannya sudah sesuai dengan aturan yang berlaku, sampul yang disajikan sangat indah dipandang sehingga apabila kita melihatnya kita seperti ditarik untuk membaca isinya, penulisannya sudah sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). Sistematika penulisannya sudah terstruktur dengan baik, sehingga setiap pokok bahasan jelas apa yang akan di bahas dan dapat memudahkan pembaca untuk memahami materi yang di bahas. Adapun kekurangan dari buku ini yakni gambar-gambar dari isi buku ini tidak berwarna sehingga gambar yang disajikan terlihat kurang menarik.

Rima Rahmawati
Kirim: 16-12-2016 19:07
Menurut saya, cover buku tersebut sudah baik karena terdapat sinopsis, yang membuat pembaca dapat membaca cuplikan isi dari buku tersebut dan memunculkan daya tarik pada pembaca untuk membeli buku tersebut dan membaca secara keseluruhan isinya. Buku tersebut sangat cocok dibaca oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa di bidang pertanian. Selain mahasiswa, buku tersebut juga cocok dibaca oleh masyarakat agar dapat lebih mengetahui informasi mengenai kupu-kupu. Buku tersebut pas sekali untuk dibawa kemana-mana, dengan ukuran buku 15,5x23 cm maka para pembaca dapat membawa buku tersebut dengan mudah. Kelemahannya adalah gambar tidak berwarna dan distribusinya lewat internet sehingga tidak semua orang bisa membelinya.


Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika