slogan leutika prio

Sengkarut Daerah Tertinggal: Buah Terlarang Desentralisasi

Penulis: Aris Ahmad Risadi, Kategori: Kumpulan Artikel
Sengkarut Daerah Tertinggal: Buah Terlarang Desentralisasi
Zoom
ISBN: 978-602-225-806-3
Terbit: Februari 2014
Halaman : 146, BW : 146, Warna : 0
Harga: Rp. 49.700,00
Deskripsi:
Pembangunan nasional sejak merdeka menghantarkan banyak keberhasilan. Namun masih memiliki masalah kesenjangan wilayah, seperti: (1) terkonsentrasinya industri manufaktur di kota-kota besar di Pulau Jawa; (2) melebarnya kesenjangan pembangunan antara Kawasan Barat Indonesia (KBI) dengan Kawasan Timur Indonesia (KTI); (3) kesenjangan antara daerah perkotaan dan perdesaan; (4) kurangnya keterkaitan kegiatan pembangunan antar wilayah; serta (5) terabaikannya pembangunan daerah perbatasan, pesisir, dan kepulauan. Perkara ini sensitif dan sering memicu lahirnya gerakan sparatis.  

Apakah pendekatan pembangunan daerah tertinggal yang berbasis kabupaten menangani seluruh isu kesenjangan? Apakah menyentuh isu KBI vs KTI, atau menangani tingkat desa semata?

Maraknya pemekaran daerah, pembentukan Undang-undang Desa, penguatan ekonomi lokal melalui BUMDes, termasuk pembentukan beragam lembaga yang menangani isu kesenjangan di semua level pemerintahan merupakan ikhtiar yang telah dan sedang diupayakan banyak pihak.  

Buku ini membahas beberapa isu di atas sehingga dapat menjadi rujukan penentu kebijakan, konsultan, serta semua pihak yang merindukan perbaikan kesejahteraan masyarakat. 

Download contoh buku: Download

Dilihat: 2039 kali.
Beli:   


Share |


Produk Sejenis

  • Ibu-ibu Sukses Inspirasi Kehidupan
  • Dialektika Pengelana Pena
  • Pahlawan Kekinian: Kumpulan Esai
  • Pernak Pernik Olimpiade Tokyo 2020
  • Proceeding International Webinar



Review

Belum ada review

Kirim Review

Nama:


E-Mail:


Review Anda:

Karakter: 



 

Leutika Leutika