slogan leutika prio

Tips & Trik Menulis Ala Ghiyats Ramadhan

Posted: 11-07-2011 08:52

Sender: 

 

 

Mungkin kegiatan menulis kini sudah lumrah di kalangan masyarakat. Tapi menulis bukan hanya sekadar menulis, butuh tips dan trik khusus menulis dengan hebat dan tentunya juga bisa menghasilkan tulisan yang bagus.


    Kini saya akan coba membagikan kepada teman-teman sekalian Tips & :
JTrik Menulis Ala Ghiyats Ramadhan (bukan copy-paste, diambil dari pengalaman pribadi). Silakan disimak


1.    Waktu khusus untuk menulis pada pagi hari
Saya punya waktu tertentu untuk menekuni hobi saya, yaitu menulis. Dan waktu itu saya ambil dari mulai pukul 6 pagi hingga 9 pagi. Percaya atau tidak, begitu banyak ide yang bermunculan, pikiran terasa begitu fresh dan belum terbebani. Sangat mudah menuangkan ide di pikiran ke dalam tulisan. Bahkan kalau sobat mau, dalam menulis, iringi dengan musik yang ceria, itu akan sangat membantu sobat dalam menemukan ide baru. Belum pernah mencoba? Sekarang saatnya mencoba!


2.    Menulis tanpa beban
JPernahkah sobat saat menulis merasakan kalau tulisan yang ditulis itu jelek? Merasa kata-katanya tidak tepat? Merasa ceritanya tidak disukai banyak orang? Jawabannya tentu pernah. Saya pun juga begitu. Nah, sejak saat itu saya terapkan kiat ini: menulis tanpa beban. Saya lupakan semua syarat yang diajukan penerbit, terus saja menulis, walaupun entah tulisan saya bagus atau tidak, tapi saya tidak berhenti sedikit pun. Dan, amazing! Lima cerpen dan 10 puisi terselesaikan dalam satu hari! Dan rasanya sungguh teramat puas! Nah, silakan sobat lakukan teknik ini.


3.    Share tulisan yang telah dibuat
Faktor apa yang menghambat ketika kita akan membagikan atau meminta pendapat kepada orang lain tentang tulisan kita? Ya, jawabannya 2, yaitu malu dan gengsi. Ingat! Penulis bukanlah orang yang pemalu atau mudah gengsi! Coba saja bagikan kepada rekan sobat, atau mungkin kepada keluarga sobat yang lebih mengenal sobat. Bila tulisan sobat dianggap bagus, sungguh memberikan efek yang luar biasa, dan apabila tulisan sobat dianggap jelek, janganlah putus semangat, ambil saja hikmahnya kalau kita setidaknya sudah menghasilkan sebuah karya cipta.


4.    Mencari motivasi
JMotivasi itu perlu! Mungkin teramat perlu atau bahkan teramat sangat penting! Kadang kala ketika tulisan kita dihina atau dicaci maki, mental kita langsung down serendah-rendahnya, mendongkol tidak berguna. Sobat, perlu kalian ketahui, “Tidak ada penulis sukses dalam sekejap mata.” Semua penulis pernah jatuh bangun, tentang bagaimana tulisan kita dianggap jelek atau bagus, jadikan sebuah motivasi besar bagi kita, dan sobat akan merasakan dampaknya ketika tulisan sobat telah jadi atau bahkan bisa didokumentasikan dalam sebuah buku.


5.    Melakukannya! 
JBanyak orang ingin menjadi penulis, tetapi tidak sedikit yang hanya NATO (No Action Talk Only). Banyak dari mereka mengatakan begini: “Ini bukan waktu yang tepat untuk menulis!” atau “Saya sangat sibuk!” Percayalah! Orang seperti itu tidak akan pernah maju! Sekarang yang perlu sobat lakukan adalah melakukannya! Abaikan tentang bakat yang sedikit, abaikan pula tentang cibiran orang. Ada sebuah kata bijak dari Bits and Pieces “Orang yang yakin bahwa tak ada satu hal pun yang bisa dilakukan biasanya adalah orang yang tak pernah melakukan apa pun.” Now, do it your self! Yang kamu inginkan, maka kamu yang harus melakukannya.


Kelima hal di atas sangat erat hubungannya, mungkin bisa sobat terapkan dalam kegiatan menulis. Akhir kata, Keep Spirit Writing, Chaiyo! Chaiyo!

 



Share |
Leutika Leutika